Oleh: staisyam | Desember 2, 2011

PTAIN Harus Mampu Mencetak Sarjana Berakhlak Ulama

PTAIN Harus Mampu Mencetak Sarjana Berakhlak Ulama

 

Jakarta (SI ONLINE) – Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan, dalam aspek teknis operasional, Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) harus mampu mengembangkan program studi dan mengawal kualitas lulusan pada semua strata pendidikan yang diselenggarakan. Sementara dalam non teknis, PTAIN diharapkan memiliki kekhususan, yaitu tidak sekedar mencetak sarjana un sich, tetapi lulusan juga diharapkan berkepribadian dan berakhlaq ulama.

“Ini yang membedakan PTAIN dengan perguruan tinggi lainnya, khususnya PT Umum,” tandas Menag Suryadharma Ali seraya meminta agar kualitas PTAIN semakin meningkat, membuka akses luas bagi lulusan madrasah atau sekolah untuk mengenyam pendidikan tinggi sesuai bakat dan potensinya dengan biaya terjangkau.

Hal itu dikemukakan Menag Suryadharma Ali pada sambutan pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian Agama di Jakarta, belum lama ini. Selanjutnya Menteri Agama Suryadharma Ali berharap PTAIN mampu menyeimbangkan pendidikan teknis dan non teknis. Sehingga selain menghasilkan sarjana juga melahirkan kader umat yang mampu memajukan dakwah, pendidikan dan kehidupan sosial menjadi lebih baik, sesuai dengan tuntutan zaman.

Pejabat yang dilantik adalah, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, S.H., M.Hum. sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menggantikan rektor terdahulu Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS. Selain itu, dilantik pula Dr. H. Zulkarnaini, M.A. sebagai ketua STAIN Zawiyah Cot Kala, Langsa, Provinsi Daerah Istimewa Aceh Darussalam.

Menag menuturkan bahwa saat ini, PTAIN telah berkembang pesat dan sedang berproses menuju penyempurnaan sesuai dengan perkembangan regulasi PT secara nasional, terutama blue print pengembangan pendidikan yang telah distandardkan oleh Kementerian Agama. “PTAIN (UIN, IAIN, dan STAIN) harus mampu memadukan aspek teknis dan non teknis dalam menyelenggarakan pendidikan,” terang Suryadharma Ali.

Menurut Menag, kedepan, Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam dengan berbagai upaya akan terus memberikan dukungan, pembinaan dan meningkatkan mutu pada semua jenjang pendidikan Islam. (*)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: